Musi Banyuasin

Pemdes Bukit Jaya Adakan Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Desa

24
×

Pemdes Bukit Jaya Adakan Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Desa

Sebarkan artikel ini

bidikcamera.com, MUBA – Pemdes Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin adakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa dalam Pengelolaan Potensi Desa untuk Penguatan Ketahanan Pangan (21-22/05/24).

Acara berlangsung di SMP Negeri 2 Sungai Lilin Desa Bukit Jaya yang diikuti oleh 20 orang, terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa (Pemdes), BPD, LPM Desa, Karang Taruna, Posyantrek, Kader Desa serta Kelompok Wanita Tani, sebagai narasumber dari Dinas PMD, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas TPHP,  Dinas Perikanan dan Polres Kabupaten Musi Banyuasin.

Keberhasilan pelatihan tak lepas dari peran penting Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa Bukit Jaya, dengan kepemimpinan yang kuat dari Pemerintah Desa terutama oleh Kepala Desa, masyarakat Desa Bukit Jaya mampu bersinergi dan mengoptimalisasikan potensi SDM mereka untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang signifikan.

Peran sumber daya manusia dalam mewujudkan desa unggul memainkan peranan yang sangat vital, SDM di Desa Bukit Jaya terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan, mulai dari pertanian, industri kecil, hingga sektor pariwisata, mereka memiliki keahlian dan pengetahuan yang mendalam dalam bidangnya masing-masing, dan mampu mengaplikasikannya secara efektif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup di Desa Bukit Jaya.

Staff Khusus Menteri Dinas Ketahanan Pangan mengatakan bahwa urgenisasi skema kerjasama Kementerian Tenaga Kerja RI dengan Pemerintah Desa di Desa Bukit Jaya perlu dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang estafet gerakan sosial yang mampu menjawab keresahan masyarakat sebagai langkah solutif yang tidak ingin hanya menjadi penonton di kawasan terluas.

Kegiatan inovasi pemanfaatan Dana Desa melalui Skema Perekrutan berbasis Desa, pelatihan melalui Lembaga kredible yang bekerjasama dengan Anjungan Siap Kerja Pensertifikasian oleh lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk mensertifikasi para calon pekerja menjadi langkah nyata dalam mewujudkan masyarakat Desa Bukit Jaya.

Namun karena kurangnya kesadaran dan kemampuan para generasi muda untuk memaksimalkan SDA yang ada turut menjadi perhatian kita bersama, untuk memotivasi dalam membangun daerahnya.

Pesan Kepala Desa Bukit Jaya Bpk. Juhari, A.Ma.Pd, “Semoga dengan adanya Pelatihan ini kita bisa ambil ilmunya dan bisa diterapkan di Desa Bukit Jaya khususnya, sehingga masyarakat dapat “mandiri pangan” dan cita-cita bersama Desa Bukit Jaya Bermartabat (Bersih Makmur dan Bersahabat) dapat terwujud dengan dukungan dari berbagai pihak dalam peningkatan kompetensi warga lokal untuk menghadapi kemajuan ekonomi dan bisnis dalam modernisasi industri”. (bc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *